RPP TEMA 5 SUB TEMA 3 PEMBELAJARAN 1-2 KELAS 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan : MIN 3 Pontianak Kota
Kelas /
Semester : V / I
Tema 5 : Ekosistem
Sub Tema 3 : Keseimbangan
Ekosistem
Pembelajaran : 1-2
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, IPA
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (3 x 20 menit)
Hari / Tanggal : Kamis, 18 November 2021
A.
KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR
Bahasa indonesia
Kompetensi Dasar |
Indikator |
3.7 Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi. 3.8 Menguraikan konsep-konsep
yang saling berkaitan pada teks nonfiksi. |
3.7.1 Menemukan pokok
pikiran dari sebuah bacaan nonfiksi. |
IPA
Kompetensi Dasar |
Indikator |
3.5
Menggalisis
hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan
sekitar. 3.5. Menganalisis hubungan antar
komponen ekosistem dan jaringjaring makanan di lingkungan sekitar. |
3.5.1 Menganalisis hubungan antar makhluk hidup dalam rantai
makanan pada suatu ekosistem. 3.5.2 Menganalisis hubungan antar makhluk hidup dalam
jaring-jaring makanan pada suatu ekosistem. |
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan melakukan kuis
peserta didik dapat menemukan kosa-kata baru pada teks bacaan “rantai makanan
dan jarring-jaring makanan dengan benar.
2. Dengan membaca teks peserta
didik dapat menemukakan pokok pikiran
pada teks bacaan “perubahan pada jaring-jaring makanan” dengan baik dan
benar.
3. Dengan menonton video rantai
makanan dan jaring-jaring makanan peserta didik dapat menganalisis hubungan antar makhluk hidup dalam rantai
makanan pada suatu ekosistem dengan benar.
4. Dengan menonton video
rantai makanan dan jaring-jaring makanan peserta didik dapat menganalisis
hubungan antar makhluk hidup dalam jaring-jaring makanan pada ekosistem dengan
benar.
MATERI PEMBELAJARAN
Materi IPA
Rantai Makanan dan Jaring-Jaring
Makanan Dalam ekosistem, suatu organisme tidak hanya makan satu jenis makanan,
tetapi juga dapat dimakan oleh beberapa jenis pemangsa lainnya. Peristiwa makan
dan dimakan menjadi lebih kompleks karena satu makhluk hidup dapat memakan
lebih dari satu jenis makanan dan satu makhluk hidup dapat dimakan oleh lebih
dari satu makhluk hidup lainnya. Apabila rantai makanan yang satu berkaitan
dengan rantai makanan lainnya maka akan terbentuk sesuatu yang dikenal dengan
istilah jaring-jaring makanan. Jaring-jaring makanan juga dapat dikatakan
sebagai sekumpulan dari beberapa rantai makanan yang saling berhubungan. Secara
alami, makhluk hidup memakan lebih dari satu variasi makanan. Misalnya, tupai
makan biji, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Tupai tersebut dimakan oleh
seekor rubah atau rakun. selain itu, tupai juga dapat dimangsa oleh anjing
hutan.
Perubahan pada Jaring-Jaring
Makanan Lingkungan merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar kita.
Lingkungan ada dua macam, yaitu lingkungan biotik dan lingkungan abiotik.
Lingkungan biotik merupakan lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup.
Misalnya, hewan, tumbuhan, dan manusia.Lingkungan abiotik adalah lingkungan
yang terdiri atas benda-benda tak hidup. Misalnya, air, batu, pasir, udara,
cahaya matahari, dan tanah. Setiap komponen dalam lingkungan mempunyai peran
masing-masing. Apabila komponen tersebut diganggu, akan memengaruhi
keseimbangan lingkungan. Kondisi alam senantiasa berubah. Setiapmakhluk hidup
di alam juga akan berubah. Perubahan pada satu bagian dari sebuah jaring-jaring
makanan akan mengubah bagian yang lain.
Rantal makanan tidak akan
terputus selama semua mata rantai tersedia. Misalnya, rantai makanan di hutan
akan terus terbentuk iika ada rumput, rusa, dan harimau. Jika tidak ada rumput,
maka rusa akan kelaparan dan kemudian mati. Jika rusa banyak yang mati, maka harimau
menjadi kelaparan. Hal ini membahayakan keselamatan hewan ternak dan manusia
yang tinggal di tepi hutan. Jika harimau banyak yang mati, maka jumlah rusa
tidak terkendal. Hal ini bisa menyebabkan kelaparan karena rumput yang tersedia
tidak mencukupi. Jadi, setiap perubahan lingkungan berpengaruh terhadap
berlangsungnya kehidupan. Penyebab perubahan keseimbangan lingkungan ada dua,
yaitu faktor alami dan faktor manusia. Peristiwa alam merupakan faktor alami
yang memengaruhi keseimbangan lingkungan. Peristiwa alam yang bersifat
merugikan bagi makhluk hidup disebut bencana alam. Selain faktor alami, faktor
kegiatan manusia juga memiliki peran dalam terjadinya perubahan keseimbangan
lingkungan. Manusia melakukan kegiatan yang memengaruhi keseimbangan ekosistem
secara langsung dan tak langsung. Kegiatan manusia yang dapat memengaruhi
lingkungan adalah penebangan dan pembakaran hutan, serta perburuan liar.
Materi Bahasa Indonesia
Menemukan dan Mencari Arti Kosakata Baru
Dalam suatu bacaan terdapat kata-kata yang memiliki
arti lebih dari satu. Apabila suatu kata memiliki arti lebih dari satu, maka
kata yang terdapat dalam kamus itu harus disesuaikan dengan konteks kalimatnya.
Agar kamu lebih memahami dalam menemukan dan mencari arti kosakata baru,
bacalah teks berikut dengan saksama!
Membuat Pertanyaan Berdasarkan Bacaan Pokok pikiran
atau ide pokok merupakan masalah utama yang dibahas dalam suatu paragraf.
Berdasarkan pokok pikiran kamu dapat menyusun pertanyaan berkaitan dengan isi
bacaan.
5.
PENDEKATAN, STRATEGI DAN METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Inkuiri Learning
Metode :
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, dan soal
latihan, Kuis
6.
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1.
Sumber
Belajar :
· Buku Pedoman Guru Tema : Ekosistem Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2018, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2018).
· Buku Siswa Tema : Ekosistem Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2018, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2018).
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1.
Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a yang dipimpin oleh ketua
kelas. 2.
Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran. 3.
Guru
memberikan pretest sebagai awal komunikasi sebelum melaksanakan proses
belajar mengajar 4. Menginformasikan subtema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “ Usaha di Sekitarku”. 5. Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan
belajar. |
5 menit |
Inti |
1. Sebagai pembuka untuk kegiatan
berikutnya, guru bertanya kepada peserta
didik: 1) Pernahkah kamu menonton 2. Peserta didik
mendengarkan guru menjelaskan menemukan dan arti mencari kosakata baru. 3. Peserta didik menjawab
kuis dengan mencari kosakata baru pada teks bacaan rantai makanan dan
jaring-jaring makanan. 4. Peserta didik
menyanyikan lagu jaring-jaring makanan. 5. Guru memutar
video rantai makanan dan jaring-jaring makanan. 6. Setelah
memutarkan video guru menanyakan kepada siswa apa itu rantai makanan. 7. Setelah memutar
video guru menanyakan apa itu jaring makanan 8. Peserta didik
menunjukkan peran rantai makanan mulai dari padi- tikus-ular-elang 9. Peserta didik
membaca dalam hati materi “ perubahan pada jaring-jaring makanan” 10. Peserta didik
menjawab kuis pertanyaan dari guru. 1) Lingkungan itu
ada dua macam sebutkan dan jelaskan! 2) Sebutkan contoh
dari lingkungan biotik! 3) Sebutkan contoh
lingkungan abiotik! 4) Apa yang terjadi
apabila komponen tersebut terganggu? 5) Rantai makanan
tidak akan terputus selama semua rantai makanan tersedia, misalnya seperti
apa? 6) Penyebab
perubahan keseimbangan lingkungan ada dua yaitu? 7) Kegiatan manusia
yang dapat mempengaruhi lingkungan adalah? 11. Peserta didik
mendengarkan guru menjelaskan perubahan pada jaring-jaring. 12. Peserta didik
mendengarkan guru menjelaskan materi membuat pertanyaan berdasarkan bacaan. |
50 menit |
Penutup |
1.
Guru
mempersilahkn peserta didik untuk bertanya terkait materi yang telah
dipelajari hari ini. 2.
Melakukan
pengayaan materi. 3.
Guru memberi kesimpulan
terkait materi yang telah dipelajari hari ini. 4.
Guru menutup
pelajaran dengan mengucap salam. |
10 menit |
H.
PENILAIAN
I. Sikap
No |
Nama |
Perubanan
tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung
Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
2. Pengetahuan
a. Bahasa Indonesia
Indikator |
Jenis
Penilaian |
Bentuk
Penilaian |
Item Soal |
Kunci Jawaban |
Skor |
Menyebutkan
arti dari himpunan dari kosakata. |
Tes tulis |
Pilihan ganda |
1. Himpunan kata yang dimiliki oleh seseorang atau entitas lain
disebut… a. frasa b. klausa c. kosakata d. prakata |
Jawaban : C Kosakata atau pebendaharaan kata adalah
himpunan kata yang dimiliki oleh seseorang atau entitas lain, atau merupakan
bagian dari suatu bahasa tertentu. |
50 |
Menemukan pokok pikiran dari sebuah bacaan nonfiksi. |
|
|
2. Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomer
3-4! Alam senantiasa berubah. Setiap makhluk hidup di alam juga akan
berubah. Perubahan pada satu bagian dari sebuah jaring-jaring
makanan akan mengubah bagian yang lain. Pada musim hujan, ketika tumbuhan
tumbuh subur, tanaman padi pun tumbuh subur. Meningkatnya jumlah tanaman padi
pada ekosistem sawah akan meningkatkan jumlah hewan atau konsumen yang memakan
padi, misainya tikus sawah. Peningkatan jumlah tikus sawah, akan meningkatkan
jumlah salah satu hewan pemangsanya, yaitu ular sawah. Ular sawah adalah
mangsa dari hewan yang lain, misal burung elang. Oleh karena itu, jumlah populasi
burung elang pada ekosistem sawah tersebut akan meningkat dan demikian
seterusnya. 3 Tentukan pikiran pokok dalam paragraf di atas! 4. informasi penting apa saja yang kamu temukan
dalam paragraf di atas? |
3 Jawab: Alam senantiasa mengalami perubahan. 4. Jawab: Contoh jawaban: Setiap makhluk hidup yang
ada di alam mengalami perubahan. |
50 |
Indikator |
Jenis Penilaian |
Bentuk
Penilaian |
Item Soal |
Kunci Jawaban |
Skor |
Menganalisis persamaan persamaan kata 3.5.2 Menganalisis hubungan antar makhluk hidup dalam
jaring-jaring makanan pada suatu ekosistem. |
Tes tulis |
Pilihan ganda |
1. Kemodo merupakan hewan yang dilindungi karena
hampir punah. Kata punah memiliki persamaan dengan kata berikut, kecuali… a. lenyap b. musnah c. pergi d. binasa |
Jawaban : Punah memiliki persamaan katadengan kata
lenyap, musnah, dan binasa. |
10 |
Menganalisis perubahan pada jarring
makanan |
Tes tulis |
Pilihan ganda |
2. Tumbuhan hijau sebagai produsen dapat membantu makanan sendiri
dengan bantuan… a. Autotrof b. Heterotof c. Kemotrotof d. Kemoterapi
|
Jawaban : A Tumbuhan
hijau sebagai produsen dapat membuat makanan sendiri dengan bantuan cahaya
matahari disebut dengan autotrof |
10 |
Menganalisis hubungan antar makhluk hidup dengan rantai makanan pada suatu ekosistem |
Tes tulis |
Pilihan ganda |
3. Rantai makanan biasanya dimulai dengan.. a. Tumbuhan b. Herbivora c. Karnivora d. Omnivora |
Jawaban : A Rantai
makanan merupakan peristiwa makan dan dimakan dengan urutan tertentu. Rantai
makanan biasanya dimulai dengan tumbuhan sebagai produsen. |
10 |
Menganalisis hubungan antar makhluk hidup dalam jaring-jaring
makanan pada suatu ekosistem. |
Tes tulis |
Pilihan ganda |
4. Perhatikan rantai makanan berikut : Padi-tikus-ular-elang. Pada rantai makanan di atas, tikus merupaakan konsumen tingkat.. a. I b. II c. III d. IV |
Jawaban : A Berdasarkan
gambar pada soal, tikus merupakan konsumen tingkat I. |
10 |
Mengaitkan
tindakan dengan keseimbangan alam |
Tes tulis |
Pilihan ganda |
5. tindakan yang perlu dilakukan agar keseimbangan alam terpelihara
adalah.. a. melindungi hutan b. membunuh hewan dan tumbuhan c. meracuni sungai d. melestarikan tumbuhan dn hewan |
Jawaban : Tindakan
yang perlu dilakukan agar kesimbangan alam terpelihara adalah melestarikan
tumbuhan dan hewan. |
10 |
1Menganalisis
peristiwa yang bukan penyebab perubahan ekosistem |
Tes tulis |
Pilihan ganda |
6. Peristiwa berikut yang bukan penyebab perubahan ekosistem Adalah.. a. penambahan populasi hewan dan tumbuhan b. pengurangan populasi hewan dan tumbuhan C. penambahan habitat hewan dan tumbuhan d. pengurangan habitat hewan dan tumbuhan |
Jawab: c Penambahan
habitat hewan dan tumbuhan
tidak menyebabkan perubahan
ekosistem. |
25 |
Menganalisis
ide pokok pada perubahan pada jaring-jaring makanan. |
Tes tulis |
Pilihan ganda |
7. Zat-zat kimia dalam bentuk gas maupun mineral sangat diperlukan makhluk hidup. Sebagian besar makhluk hidup tidak akan dapat bertahan hidup tanpa oksigen. Sementara itu, ada makhluk hidup yang tidak membutuhkan karbon dioksida, akan tetapi tumbuhan justru membutuhkannya untuk membuat makanan (fotosintesis). Pikiran utama paragraf tersebut terdapat pada .. a. awal paragraf b.tengah paragraf C. akhir paragraf d. semua kalimat |
Jawab :a Pikiran
utama paragraf tersebut ter dapat pada
awal paragraf. |
25 |
Mengetahui Guru Pamong RAHMAD, S.Pd NIP. 197111221996031001 |
Pontianak, 26 Oktober 2021 Calon Guru PGMI TIKA CAHYATI NIM. 11813084 |
Komentar
Posting Komentar