RPP TEMA 5 SUB TEMA 3 PEMBELAJARAN 1-2 KELAS 5

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan            :  MIN 3 Pontianak Kota

Kelas / Semester               :  V / I

Tema 5                              :  Ekosistem

Sub Tema 3                       :  Keseimbangan Ekosistem

Pembelajaran                     :  1-2

Fokus Pembelajaran          : Bahasa Indonesia, IPA

Alokasi Waktu                  : 1 x Pertemuan (3 x 20 menit)

Hari / Tanggal                   : Kamis, 18 November 2021

 

A.          KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya

KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru

KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah

KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

 

B.            KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR

 

Bahasa indonesia

Kompetensi Dasar

Indikator

3.7 Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi.

3.8  Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi.

3.7.1 Menemukan pokok pikiran dari sebuah bacaan nonfiksi.

 

 

 

 

 

IPA

Kompetensi Dasar

Indikator

3.5 Menggalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar.

3.5. Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaringjaring makanan di lingkungan sekitar.

 

3.5.1 Menganalisis hubungan antar makhluk hidup dalam rantai makanan pada suatu ekosistem.

3.5.2 Menganalisis hubungan antar makhluk hidup dalam jaring-jaring makanan pada suatu ekosistem.

 j

 

 

 

 

C.           TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Dengan melakukan kuis peserta didik dapat menemukan kosa-kata baru pada teks bacaan “rantai makanan dan jarring-jaring makanan dengan benar.

2.      Dengan membaca teks peserta didik dapat menemukakan pokok pikiran  pada teks bacaan “perubahan pada jaring-jaring makanan” dengan baik dan benar.

3.      Dengan menonton video rantai makanan dan jaring-jaring makanan peserta didik dapat menganalisis  hubungan antar makhluk hidup dalam rantai makanan pada suatu ekosistem dengan benar.

4.      Dengan menonton video rantai makanan dan jaring-jaring makanan peserta didik dapat menganalisis hubungan antar makhluk hidup dalam jaring-jaring makanan pada ekosistem dengan benar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MATERI PEMBELAJARAN

Materi IPA

          Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan Dalam ekosistem, suatu organisme tidak hanya makan satu jenis makanan, tetapi juga dapat dimakan oleh beberapa jenis pemangsa lainnya. Peristiwa makan dan dimakan menjadi lebih kompleks karena satu makhluk hidup dapat memakan lebih dari satu jenis makanan dan satu makhluk hidup dapat dimakan oleh lebih dari satu makhluk hidup lainnya. Apabila rantai makanan yang satu berkaitan dengan rantai makanan lainnya maka akan terbentuk sesuatu yang dikenal dengan istilah jaring-jaring makanan. Jaring-jaring makanan juga dapat dikatakan sebagai sekumpulan dari beberapa rantai makanan yang saling berhubungan. Secara alami, makhluk hidup memakan lebih dari satu variasi makanan. Misalnya, tupai makan biji, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Tupai tersebut dimakan oleh seekor rubah atau rakun. selain itu, tupai juga dapat dimangsa oleh anjing hutan.

Perubahan pada Jaring-Jaring Makanan Lingkungan merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar kita. Lingkungan ada dua macam, yaitu lingkungan biotik dan lingkungan abiotik. Lingkungan biotik merupakan lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup. Misalnya, hewan, tumbuhan, dan manusia.Lingkungan abiotik adalah lingkungan yang terdiri atas benda-benda tak hidup. Misalnya, air, batu, pasir, udara, cahaya matahari, dan tanah. Setiap komponen dalam lingkungan mempunyai peran masing-masing. Apabila komponen tersebut diganggu, akan memengaruhi keseimbangan lingkungan. Kondisi alam senantiasa berubah. Setiapmakhluk hidup di alam juga akan berubah. Perubahan pada satu bagian dari sebuah jaring-jaring makanan akan mengubah bagian yang lain.

Rantal makanan tidak akan terputus selama semua mata rantai tersedia. Misalnya, rantai makanan di hutan akan terus terbentuk iika ada rumput, rusa, dan harimau. Jika tidak ada rumput, maka rusa akan kelaparan dan kemudian mati. Jika rusa banyak yang mati, maka harimau menjadi kelaparan. Hal ini membahayakan keselamatan hewan ternak dan manusia yang tinggal di tepi hutan. Jika harimau banyak yang mati, maka jumlah rusa tidak terkendal. Hal ini bisa menyebabkan kelaparan karena rumput yang tersedia tidak mencukupi. Jadi, setiap perubahan lingkungan berpengaruh terhadap berlangsungnya kehidupan. Penyebab perubahan keseimbangan lingkungan ada dua, yaitu faktor alami dan faktor manusia. Peristiwa alam merupakan faktor alami yang memengaruhi keseimbangan lingkungan. Peristiwa alam yang bersifat merugikan bagi makhluk hidup disebut bencana alam. Selain faktor alami, faktor kegiatan manusia juga memiliki peran dalam terjadinya perubahan keseimbangan lingkungan. Manusia melakukan kegiatan yang memengaruhi keseimbangan ekosistem secara langsung dan tak langsung. Kegiatan manusia yang dapat memengaruhi lingkungan adalah penebangan dan pembakaran hutan, serta perburuan liar.

Materi Bahasa Indonesia

Menemukan dan Mencari Arti Kosakata Baru

Dalam suatu bacaan terdapat kata-kata yang memiliki arti lebih dari satu. Apabila suatu kata memiliki arti lebih dari satu, maka kata yang terdapat dalam kamus itu harus disesuaikan dengan konteks kalimatnya. Agar kamu lebih memahami dalam menemukan dan mencari arti kosakata baru, bacalah teks berikut dengan saksama!

Membuat Pertanyaan Berdasarkan Bacaan Pokok pikiran atau ide pokok merupakan masalah utama yang dibahas dalam suatu paragraf. Berdasarkan pokok pikiran kamu dapat menyusun pertanyaan berkaitan dengan isi bacaan.

 

5.             PENDEKATAN, STRATEGI DAN METODE

Pendekatan        :  Scientific

Strategi              : Inkuiri Learning

Metode              : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, dan soal latihan, Kuis

 

6.             MEDIA DAN SUMBER BELAJAR

1.      Sumber Belajar :

·      Buku Pedoman Guru Tema : Ekosistem Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2018, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2018).

·      Buku Siswa Tema : Ekosistem  Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2018, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2018).

 

 

G.           KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

1.      Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a yang dipimpin oleh ketua kelas.

2.      Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

3.      Guru memberikan pretest sebagai awal komunikasi sebelum melaksanakan proses belajar mengajar

4.      Menginformasikan subtema yang akan dibelajarkan yaitu tentang Usaha di Sekitarku”.

5.      Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.

5 menit

Inti

1.      Sebagai pembuka untuk kegiatan berikutnya, guru bertanya kepada peserta didik:

1)      Pernahkah kamu menonton

2.      Peserta didik mendengarkan guru menjelaskan menemukan dan arti mencari kosakata baru.

3.      Peserta didik menjawab kuis dengan mencari kosakata baru pada teks bacaan rantai makanan dan jaring-jaring makanan.

4.      Peserta didik menyanyikan lagu jaring-jaring makanan.

5.      Guru memutar video rantai makanan dan jaring-jaring makanan.

6.      Setelah memutarkan video guru menanyakan kepada siswa apa itu rantai makanan.

7.      Setelah memutar video guru menanyakan apa itu jaring makanan

8.      Peserta didik menunjukkan peran rantai makanan mulai dari padi- tikus-ular-elang

9.      Peserta didik membaca dalam hati materi “ perubahan pada jaring-jaring makanan”

10.  Peserta didik menjawab kuis pertanyaan dari guru.

1)      Lingkungan itu ada dua macam sebutkan dan jelaskan!

2)      Sebutkan contoh dari lingkungan biotik!

3)      Sebutkan contoh lingkungan abiotik!

4)      Apa yang terjadi apabila komponen tersebut terganggu?

5)      Rantai makanan tidak akan terputus selama semua rantai makanan tersedia, misalnya seperti apa?

6)      Penyebab perubahan keseimbangan lingkungan ada dua yaitu?

7)      Kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi lingkungan adalah?

11.  Peserta didik mendengarkan guru menjelaskan perubahan pada jaring-jaring.

12.  Peserta didik mendengarkan guru menjelaskan materi membuat pertanyaan berdasarkan bacaan.

50 menit

Penutup

1.        Guru mempersilahkn peserta didik untuk bertanya terkait materi yang telah dipelajari hari ini.

2.        Melakukan pengayaan materi.

3.        Guru memberi kesimpulan terkait materi yang telah dipelajari hari ini.

4.        Guru menutup pelajaran dengan mengucap salam.

10 menit

 

 

H.           PENILAIAN

I.     Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

2.      Pengetahuan

a.       Bahasa Indonesia

Indikator

Jenis Penilaian

Bentuk Penilaian

Item Soal

Kunci Jawaban

Skor

Menyebutkan arti dari himpunan dari kosakata.

Tes tulis

Pilihan ganda

1. Himpunan kata yang dimiliki oleh seseorang atau entitas lain disebut…

a. frasa

b. klausa

c. kosakata

d. prakata

Jawaban :

C

Kosakata atau pebendaharaan kata adalah himpunan kata yang dimiliki oleh seseorang atau entitas lain, atau merupakan bagian dari suatu bahasa tertentu.

50

Menemukan pokok pikiran dari sebuah bacaan nonfiksi.

 

 

2. Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomer 3-4!

Alam senantiasa berubah. Setiap makhluk hidup di alam juga akan berubah.

Perubahan pada satu bagian dari sebuah jaring-jaring makanan akan mengubah

bagian yang lain. Pada musim hujan, ketika tumbuhan tumbuh subur, tanaman padi

pun tumbuh subur. Meningkatnya jumlah tanaman padi pada ekosistem sawah akan

meningkatkan jumlah hewan atau konsumen yang memakan padi, misainya tikus sawah. Peningkatan jumlah tikus sawah, akan meningkatkan jumlah salah satu hewan

pemangsanya, yaitu ular sawah. Ular sawah adalah mangsa dari hewan yang lain,

misal burung elang. Oleh karena itu, jumlah populasi burung elang pada ekosistem

sawah tersebut akan meningkat dan demikian seterusnya.

3 Tentukan pikiran pokok dalam paragraf di atas!

4. informasi penting apa saja yang kamu temukan dalam paragraf di atas?

 

3 Jawab:

Alam senantiasa mengalami perubahan.

4. Jawab:

Contoh jawaban: Setiap makhluk hidup yang ada di alam mengalami perubahan.

50

 

 

 

Indikator

Jenis Penilaian

Bentuk Penilaian

Item Soal

Kunci Jawaban

Skor

Menganalisis persamaan persamaan kata

 

 

3.5.2 Menganalisis hubungan antar makhluk hidup dalam jaring-jaring makanan pada suatu ekosistem.

 

Tes tulis

Pilihan ganda

1. Kemodo merupakan hewan yang dilindungi karena hampir punah. Kata punah memiliki persamaan dengan kata berikut, kecuali…

a. lenyap

b. musnah

c. pergi

d. binasa

Jawaban :

Punah memiliki persamaan katadengan kata lenyap, musnah, dan binasa.

10

Menganalisis perubahan pada jarring makanan

 

 

 

 

Tes tulis

 

 

 

 

 

 

 

Pilihan ganda

 

 

 

 

 

 

 

2. Tumbuhan hijau sebagai produsen dapat membantu makanan sendiri dengan bantuan…

a.       Autotrof

b.      Heterotof

c.       Kemotrotof

d.      Kemoterapi

 

 

 

 

 

Jawaban :

A

Tumbuhan hijau sebagai produsen dapat membuat makanan sendiri dengan bantuan cahaya matahari disebut dengan autotrof

 

 

 

10

Menganalisis hubungan antar makhluk hidup dengan rantai makanan pada suatu  ekosistem

Tes tulis

Pilihan ganda

3. Rantai makanan biasanya dimulai dengan..

a.       Tumbuhan

b.      Herbivora

c.       Karnivora

d.      Omnivora

 

Jawaban :

A

Rantai makanan merupakan peristiwa makan dan dimakan dengan urutan tertentu. Rantai makanan biasanya dimulai dengan tumbuhan sebagai produsen.

10

Menganalisis hubungan antar makhluk hidup dalam jaring-jaring makanan pada suatu ekosistem.

 

Tes tulis

Pilihan ganda

4. Perhatikan rantai makanan berikut :

Padi-tikus-ular-elang.

Pada rantai makanan di atas, tikus merupaakan konsumen tingkat..

a.       I

b.      II

c.       III

d.      IV

Jawaban :

A

Berdasarkan gambar pada soal, tikus merupakan konsumen tingkat I.

10

Mengaitkan tindakan dengan keseimbangan alam

Tes tulis

Pilihan ganda

5. tindakan yang perlu dilakukan agar keseimbangan alam terpelihara adalah..

a. melindungi hutan

b. membunuh hewan dan tumbuhan

c. meracuni sungai

d. melestarikan tumbuhan dn hewan

 

Jawaban :

Tindakan yang perlu dilakukan agar kesimbangan alam terpelihara adalah melestarikan tumbuhan dan hewan.

10

1Menganalisis peristiwa yang bukan penyebab perubahan ekosistem

Tes tulis

Pilihan ganda

6. Peristiwa berikut yang bukan penyebab perubahan ekosistem

Adalah..

a. penambahan populasi hewan

dan tumbuhan

b. pengurangan populasi hewan

dan tumbuhan

C. penambahan habitat hewan

dan tumbuhan

d. pengurangan habitat hewan

dan tumbuhan

Jawab: c

Penambahan habitat hewan dan

tumbuhan tidak menyebabkan

perubahan ekosistem.

25

Menganalisis ide pokok pada perubahan pada jaring-jaring makanan.

Tes tulis

Pilihan ganda

7. Zat-zat kimia dalam bentuk gas maupun mineral sangat diperlukan

makhluk hidup. Sebagian besar

makhluk hidup tidak akan dapat

bertahan hidup tanpa oksigen.

Sementara itu, ada makhluk hidup

yang tidak membutuhkan karbon

dioksida, akan tetapi tumbuhan

justru membutuhkannya untuk

membuat makanan (fotosintesis).

Pikiran utama paragraf tersebut

terdapat pada ..

a. awal paragraf

b.tengah paragraf

C. akhir paragraf

d. semua kalimat

Jawab :a

Pikiran utama paragraf tersebut ter

dapat pada awal paragraf.

25

 

 

 

 

 

 

          Mengetahui

          Guru Pamong

 

 

 

RAHMAD, S.Pd

NIP. 197111221996031001

Pontianak, 26 Oktober 2021

 

 

 

 

Calon Guru PGMI

 

 

 

                TIKA CAHYATI

                NIM. 11813084

 

Baca Juga : RPP TEMA 5 SUB TEMA 3 PEMBELAJARAN 5 KELAS 6 

Komentar

Postingan populer dari blog ini