RPP TEMA 5 SUB TEMA 3 PEMBELAJARAN 1-2 KELAS 5

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013   Satuan Pendidikan            :   MIN 3 Pontianak Kota Kelas / Semester               :   V / I Tema 5                               :   Ekosistem Sub Tema 3                        :   Keseimbangan Ekosistem Pembelajaran                      :   1-2 Fokus Pembelajaran           : Bahasa Indonesia, IPA Alokasi Waktu                   : 1 x Pertemuan ( 3 x 20 menit) Hari / Tanggal                    : Kamis, 18 November 20 21   A.           KOMPETENSI INTI (KI) KI 1   :   Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya KI 2   :   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru KI 3   :   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah

RPP TEMA 5 SUB TEMA 3 PEMBELAJARAN 5 KELAS 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan            :  MIN 3 Pontianak Kota

Kelas / Semester               :  VI / I

Tema 5                              :  Wirausaha

Sub Tema 3                       :  Ayo, Belajar Berwirausaha

Pembelajaran                     :  5

Fokus Pembelajaran          : IPS

Alokasi Waktu                  : 1 x Pertemuan (3 x 20 menit)

Hari / Tanggal                   : Senin, 22 November 2021

 

A.          KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya

KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru

KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah

KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

 

B.            KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR

 

IPS

Kompetensi Dasar

Indikator

3.3 Menganalisis posisi dan peran

Indonesia dalam kerja sama di

bidang ekonomi, politik,sosial,

budaya, teknologi, dan

pendidikan dalam lingkup

ASEAN.

3.3.1 Menjelaskan posisi dan peranan Indonesia di bidang ketenagakerjaan dalam lingkup ASEAN

 

 

4.3 Menyajikan hasil analisis

tentang posisi dan peran

Indonesia dalam kerja sama di

bidang ekonomi, politik,sosial,

budaya, teknologi, dan

pendidikan dalam lingkup ASEAN

 Menyajikan Peranan indonesia dalam kesiapan tenaga indonesia menghadapi MEA

 

 

 

 

C.           TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Dengan menggunakan video peserta didik dapat menjelaskan posisi dan peran indonesia di bidang ketenagakerjaan dalam lingkup ASEAN dengan benar.

2.      Dengan menggunakan kartu berpasangan peserta didik dapat menyebutkan kesiapan tenaga kerja indonesia menghadapi MEA  dengan benar.

 

 

D.           MATERI PEMBELAJARAN

 

IPS

Kesiapan Tenaga Kerja Indonesia Menghadapi MEA

Masih ingatkah kamu yang dimaksud dengan MEA? MEA adalah singkatan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN. MEA adalah integrasi sistem ekonomi ASEAN dalam menghadapi perdagangan bebas antaranegara ASEAN. Pembentukan MEA memungkinkan kompetisi akan semakin ketat sehingga kualitas produk dan sumber daya manusia Indonesia harus terus ditingkatkan agar mampu ikut berpartisipasi bersama tenaga kerja asing.

Untuk menghadapi pesaing yang tidak hanya datang dari dalam negeri, para pekerja harus menguasai bahasa asing minimal bahasa Inggris, dan harus mampu meningkatkan profesionalisme seperti tekun, kerja keras, dan fokus. MEA membuka kesempatan bagi seluruh pekerja di kawasan Asia Tenggara untuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka karena lapangan pekerjaan yang banyak tersedia. Produk-produk baik dari Indonesia dan negara lainnya dapat diperdagangkan dengan bebas dan legal tentunya. Karena sudah banyak produk Indonesia yang diakui khususnya di kawasan Asia Tenggara.

Sejauh ini, langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Indonesia berdasarkan rencana strategis pemerintah untuk menghadapi MEA/AEC, antara lain:

1. Penguatan Daya Saing Ekonomi

Pada 27 Mei 2011, Pemerintah meluncurkan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) agar pertumbuhan ekonomi yang kuat, inklusif, berkualitas, dan berkelanjutan.

2. Program ACI (Aku Cinta Indonesia)

ACI (Aku Cinta Indonesia) merupakan salah satu gerakan "Nation Branding'". Gerakan ini sendiri masih berjalan sampai sekarang dalam bentuk kampanye nasional yang terus berjalan dalam berbagai produk dalam negeri seperti busana, aksesori, entertainment, dan pariwisata.

3.Penguatan Sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah)

Dalam rangka meningkatkan pertumbuhan UMKM di Indonesia, pihak Kadin mengadakan beberapa program, antara lain "Pameran Koperasi dan UKM Festival". Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk UKM yang ada di Indonesia dan juga agar masyarakat lebin kreatit lagi dalam mengembangkan usaha kecil serta menengah.

4. Perbaikan Infrastruktur

Dalam rangka mendukung peningkatan daya saing sektor ril, Selama tahun 2010 telah berhasil dicapai peninakatan kapasitas dan kualitas infrastruktur seperti prasarana jalan, perkeretaapian, transportasi darat, transportasi laut, transportasi udara, komunikasi dan informatika, serta ketenagalistrikan.

5. Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)

Salah satu jalan untuk meningkatkan kualitas SDM adalah melalui jalur pendidikan. Selain itu, dalam rangka memberikan layanan pendidikan yang bermutu, pemerintah telah membangun sarana dan prasarana pendidikan secara memadai, termasuk rehabilitasi ruang kelas rusak berat. Data Kemdikbud tahun 2011 menunjukkan bahwa masih terdapat sekitar 173.344 ruang kelas jenjang SD dan SMP dalam kondisi rusak berat. (dalam Bappenas RI Buku I, 2011 36).

6. Reformasi Kelembagaan dan Pemerintahan

Dalam rangka mendorong Percepatan Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi, telah ditetapkan strategi nasional pencegahan dan pemberantasan korupsi jangka panjang 2012-2025 dan menengah 2012-2014 sebagai acuan bagi seluruh pemangku kepentingan untuk pelaksanaan aksi setiap tahunnya.

Dalam persiapan menghadapi MEA, Indonesia tidak luput dari sebuah hambatan. Hambatan/tantangan Indonesia dalam menghadapi MEA sebagai berikut :

1. Tantangan di Bidang Perdagangan Barang dan Jasa

Arus perdagangan bebas entah itu' barang maupun jasa akan memunculkan risiko. Artinya, selain menjadi negara pengekspor, Indonesia juga menjadi sasaran empuk eksportir dari negara lain.

2. Tantangan di Bidang Investasi

Pada sektor ini, indonesia terbilang memiliki risiko yang sangat tinggi karena adanya eksploitasi. Sebabnya, Indonesia kurang memiliki aturan dan regulasi yang ketat sehingga sektor-sektor riil semisal pertambangan mudah dikelola negara asing. Padahal, pemerintah memiliki kekuasaan penuh untuk mencegah adanya eksploitasi alam yang dilakukan perusahaan-perusahaan asing.

 

 

3 Tantangan di Bidang Ketenagakerjaan

Masalah ketenagakerjaan Indonesia memiliki tantangan yang luar biasa. Kalau dilihat dari sisi pendidikan dan produktivitas, Indonesia masih kalah jauh dari negara- negara tetangga, seperti Singapura, Thailand, dan Malaysia.

4.Tantangan di Bidang UMKM

Usaha iikro Kecil dari Menengah (UMKM) menjadi salah satu sasaran dan fokus Masyarakat Ekonomi ASEKN (MEA) dalam menciptukun stabilitas dan perkembangan ekonomi di wilayah regional ASEAN. Kebanyakan kualitas produk UKM Indonesia belum memenuhi standar.

 

 

E.            PENDEKATAN, STRATEGI DAN METODE

Pendekatan        :  Scientific

Strategi              : Student Centered

Metode              : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, soal latihan dan games

 

F.            MEDIA DAN SUMBER BELAJAR

1.      Sumber Belajar :

·      Buku Pedoman Guru Tema : Wirausaha  Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2018, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2018).

·      Buku Siswa Tema : Wirausaha  Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2018, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2018).

2.      Media Belajar : Video, PPT

 

G.           KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

1.      Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a yang dipimpin oleh ketua kelas.

2.      Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

3.      Guru memberikan yel-yel semangatbelajar.

4.      Guru memberikan pretest sebagai awal komunikasi sebelum melaksanakan proses belajar mengajar

5.      Menginformasikan subtema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “ Usaha di Sekitarku”.

6.      Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.

10 menit

Inti

1.      Sebagai pembuka untuk kegiatan berikutnya, guru bertanya kepada siswa:

Ø  Guru memberikan contoh

2.      Peserta didik menonton video Kesiapan Tenaga Kerja Indonesia Menghadapi MEA

3.      Guru bertanya dari video yang telah di pelajari kepada peserta didik :

1)      Apa itu MEA ?

2)      Mengapa harus ada MEA?

4.      Peserta didik mendengarkan guru menjelaskan Kesiapan Tenaga Kerja Indonesia Menghadapi MEA menggunakan Power Point.

5.      Peserta didik bertanya mengenai materi Kesiapan Tenaga Kerja Indonesia Menghadapi MEA.

6.      Peserta didik dibagi kartu soal dan jawaban. Kemudian, kartu tersebut diminta oleh guru untuk mencari pasanggaan sesuai dengan soal dan jawaban.

 

120 menit

Penutup

1.        Guru mempersilahkn peserta didik untuk bertanya terkait mteri yang telah dipelajari hari ini.

2.        Guru memberi kesimpulan terkait materi yang telah dipelajari hari ini.

3.        Guru memberi nasihat kepada peserta didik.

4.        Guru menutup pelajaran dengan mengucap salam.

10 menit

 

 

H.           PENILAIAN

I.     Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

 

 

 

 

 

 

2.      Penilaian Pengetahuan

Tenik : Tertulis

Instrumen : Lembar Latihan

 

A.    Soal pilihan ganda

a.      Berilah tanda silang  (x) pada huruf jawaban yang benar!

1.      Salah satu cara menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas adalah..

a.       Mengadakan festival seni

b.      Membatasi jumlah tenaga

c.       Menggadakan pembagian sembako

d.      Memberikan penyuluhan keterampilan

 

2.      Integrasi sistem ekonomi ASEAN  dalam menghadapi perdagangan bebas antarnegara ASEAN adalah..

a.       MEA

b.      UNCEA

c.       WHO

d.      APEC

 

b.      Kunci Jawaban

1.      d. memberikan penyuluhan keterampilan

2.      a. MEA

 

c.       Pedoman Pensekoran

Nomer Soal

Skor

1

50

2

50

 

Skor Maksimal : 100

Skor yang diperoleh

× 100

Skor Maksimal

B.     Soal Pilihan Ganda

a.      Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1.      Sebagai pelajar, apa yang harus kamu lakukan mulai saat ini agar nanti ketika sudah menyelesaikan pendidikan mampu ikut berpatisipasi di MEA?

 

b.      Kunci Jawaban:

Sebagai generasi penerus bangsa, para siswa harus mempersiapkan bekal agar dapat bersaing di masa depan, khususnya di bidang jasa dan tenaga kerja dengan cara meningkatkan kemampuan diri seperti mengikuti kursus, pelatihan, dan seminar. Jangan membatasi diri untuk belajar hal-hal baru dan selalu berpikir maju. Asah kreativitas dan kemampuan dengan mengikuti beberapa kompetensi untuk melihat seberapa jauh kemampuan berkembang.

c.       Pedoman Pensekoran

 

Nomer Soal

Skor

1

100

 

Skor Maksimal : 100

Skor yang diperoleh

× 100

Skor Maksimal

 

3.      Keterampilan

1)      IPS

 

No

Indikator

Ya

Tidak

Catatan

1

Jawaban sesuai dengan jawaban pertanyaan

 

 

 

2

Jawaban sesuai dengan materi yang diajarkan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

          Mengetahui

          Guru Pamong

 

 

 

RAHMAD, S.Pd

NIP. 197111221996031001

Pontianak, 21 November 2021

 

 

 

 

Calon Guru PGMI

 

 

 

                TIKA CAHYATI

                NIM. 11813084

 

 

 

 

 


 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini